2018 Hadapi Hujan

Image result for hadapi hujan

 

HADAPI  HUJAN

fx. wikan indrarto*)

 

Kementerian Kesehatan RI secara khusus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS), guna mewujudkan Indonesia sehat. Apa yang harus dilakukan saat musim hujan telah datang?

 

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dicanangkan saat Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 Senin, 14 November 2016 di Jakarta, merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana, yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat, untuk meningkatkan kualitas hidup. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin. Pada saat musim hujan menjadi kesempatan mikroorganisme lebih mudah menginfeksi manusia. Berikut lima cara yang dapat dilakukan untuk tetap sehat di musim hujan, sesuai GERMAS.

 

Image result for hadapi hujan

 

Pertama menjaga pola makan. Asupan gizi merupakan aspek penting bagi daya tahan tubuh. Bila kurang nutrisi, daya tahan tubuh menurun, sehingga kuman penyakit lebih mudah masuk dan berkembang. Agar memenuhi zat gizi cukup, maka pola makan harus sehat dengan mengonsumsi karbohidrat, lauk pauk, sayuran, buah-buahan dan minuman. Frekuensi makan per hari harus tetap diperhatikan dari sarapan, makan siang dan makan malam. Disarankan juga mengonsumsi probiotik atau bakteri baik, agar lebih mungkin terhindar dari infeksi seperti flu dan diare. Mengonsumsi probiotik membantu menjaga usus agar sistem pencernaan lebih sehat, dan makanan probiotik adalah yogurt, tahu, tempe, dan acar.

 

 

Image result for hadapi hujan

 

Kedua tetap berolah raga. Aktivitas fisik atau olah raga merupakan cara sederhana dan mudah, tetapi besar manfaatnya. Latihan fisik selama 30 menit mampu mengaktifkan sel darah putih atau leukosit, yang berfungsi menyediakan sistem pertahan yang cepat dan kuat, terhadap daerah tubuh yang mengalami peradangan. Olah raga tidak harus dilakukan di luar ruangan, tetapi pada musim hujan dapat juga dilakukan dalam ruangan.

Ketiga adalah menjaga kualitas tidur. Tidur merupakan waktu reses tubuh untuk pemulihan seluruh sistem anggota badan. Kualitas tidur itu sangat penting dalam menjaga kesehatan. Pada anak prasekolah usia 3-5 tahun membutuhkan tidur 10-13 jam, anak sekolah usia 6-13 tahun membutuhkan tidur 9-11 jam, sedangkan remaja usia 14-17 tahun butuh 8-10 jam, dan usia 18-25 tahun direkomendasikan tidur selama 7-9 jam. Kemudian usia dewasa 26-64 tahun membutuhkan tidur 7-9 jam dan para lanjut usia direkomendasikan tidur selama 7-8 jam.

Keempat adalah mengelola stres. Saat musim hujan, seseorang lebih mudah menjadi stres. Misalnya karena terlambat bekerja, lalu lintas macet, pakaian belum kering dan berbagai penyebab lain karena hujan turun. Ketika seseorang stres, maka akan berdampak secara fisiologis, seperti menjadi gelisah, detak jantung meningkat dan mudah letih. Oleh karena itu penting sekali mengelola stres dengan menenangkan diri, misalnya melakukan relaksasi di manapun dan kapanpun. Caranya dengan membiarkan tubuh menerima rangsangan apapun, baik berupa suara, bau, atau sentuhan yang dapat menenangkan diri.

 

Image result for hadapi hujan

 

Pada keluarga yang memiliki bayi dan anak balita, beberapa hal tambahan berikut ini dapat dilakukan, agar bayi dan anak tidak mudah jatuh sakit saat hujan. Pertama menjamin air minum yang sehat. Menjaga tubuh anak agar tetap terhidrasi tentu penting untuk dilakukan, terutama saat musim hujan dan udara dingin kerap membuat rasa haus menjadi berkurang, sehingga kebutuhan cairan tubuh anakpun jadi tidak terpenuhi. Pastikan air minum yang dikonsumsi aman untuk tubuh anak dengan merebus pada suhu 100 derajat Celcius, karena cara ini dapat membunuh bakteri patogen penyebab berbagai penyakit. Selain dengan merebus, water purifier juga bisa menjadi pilihan untuk menjaga air minum anak bebas dari bakteri.

 

Image result for hadapi hujan

 

Kedua memakaikan pakaian hangat. Tidak hanya memberikan makanan seperti sup atau minuman hangat, memakaikan anak pakaian yang tepat juga dapat menjaga tubuhnya dari udara dingin di musim hujan. Jenis pakaian dengan bahan wol atau bulu domba dipilih untuk dipakaikan pada anak. Pada saat anak tidur, jangan lupa juga untuk memakaikannya selimut agar tubuhnya tetap hangat. Ketiga, awasi anak saat bermain di luar rumah. Saat musim hujan, anak tetap dianjurkan bermain di luar rumah, tetapi dalam pengawasan yang lebih, agar tidak bermain di area berlumpur dan memiliki genangan air. Selain itu, pastikan juga anak mengenakan sepatu tertutup saat beraktivitas di luar rumah, untuk mencegah paparan kotoran yang mengandung berbagai jenis kuman.

 

Image result for dbd

 

Keempat adalah mencegah gigitan nyamuk. Banyaknya genangan air saat musim hujan, membuat perkembangan nyamuk semakin meningkat. Jika dibiarkan, anak berisiko terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), chikungunya dan zika yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. Anak dapat diolesi lotion anti nyamuk yang aman untuk anak dan menggunakan kelambu atau jaring anti nyamuk yang melindungi saat anak tidur. Kelima adalah memberikan asupan nutrisi yang tepat, sesuai usia anak.

Momentum Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) seharusnya menginspirasi kita semua, agar semakin sehat dalam menghadapi kondisi apapun, termasuk pada saat hujan telah datang.

Apakah kita sudah lebih sehat?

Jokowi Sekian

Yogyakarta, 10 November 2018

*) Ketua IDI Cabang Kota Yogyakarta, dokter spesialis anak, Alumnus S3 UGM, Lektor FK UKDW, WA: 081227280161, e-mail : fxwikan_indrarto@yahoo.com

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.